Friday 25 March 2016

Indonesia raya negeriku yang kaya



Indonesia adalah negaraku yang kaya. Daratan dan lautannya yang luas  membentang dari barat ke timur, dari Sabang di ujung pulau Sumatra sampai Merauke di pulau Irian Jaya.

Suku bangsanya sangat banyak. Satu suku saja punya adat istiadat yang tertata rapi dengan berbagai macam hidangan yang mengiringinya sehingga keanekaragaman budaya dan makanannya menjadi sangat banyak.

Tiap suku punya makanan yang sama dengan bumbu dan variasi isi yang berbeda. Sama-sama lezat. Salah satu makanan Indonesia yang aku suka adalah soto. Di Jakarta soto dibuat dengan santan, sangat gurih dan segar bila ditambah dengan sambal dan perasan jeruk nipis. Berbeda dengan soto dari kota-kota di Jawa tengah yang menggunakan air dan bumbu-bumbu sebagai kuah. Aku suka semua jenis soto. Suiran ayam atau jeroan sapi, irisan kol,soun, bawang goreng dan macam-macam bahan lain yang ditambahkan lalu dimakan bersama nasi putih hangat, hmm....lezat.

Masih banyak lagi ragam makanan Jakarta, apalagi makanan Indonesia. Makanan untuk acara sederhana disatu daerah , ragamnya sudah banyak, belum lagi untuk acara resminya dan berbeda lagi untuk hari raya. Jadi dalam hal makanan saja, Indonesia sudah sangat kaya, belum lagi dalam hal lain.

Untuk alasan apapun saya sangat cinta Indonesia. Negeri yang sejuk, hutannya yang rimbun, pemandangannya yang indah memukau mata, orang-orangnya yang ramah dan simpatik, saling tolong-menolong, bergotong-royong dan penuh belas kasih. Itulah Indonesia, siapapun akan jatuh hati bila sudah pernah datang dan tinggal di sana.

No comments:

Post a Comment